10 Browser Terbaik, Tercepat dan Teringan di Android

Sebagai pengguna android kita harus jago dalam memilih browser karena tidak semua aplikasi jenis ini bagus. Nah, kriteria browser android terbaik adalah browser yang tercepat dan teringan ketika digunakan dan memiliki semua fitur tambahan yang dibutuhkan.

Browser meurupakan salah satu aplikasi android yang sangat penting karena tanpa aplikasi tersebut kita tidak akan bisa mengakses situs web, seperti Google Search, Youtube, Detik, Liputan6, Brainly, Lazada, Shopee dan lain-lain.

Pada artikel ini, saya sudah mengumpulkan 10 dari ratusan aplikasi browser di android yang dapat di download secara gratis melalui Google Play Store, aplikasi-aplikasi ini merupakan browser terbaik Android yang super cepat dan super ringan. Berikut daftarnya.

10 Browser Terbaik, Tercepat dan Teringan di Android

1. Google Chrome

Google Chrome merupakan browser favorit saya dan yang paling sering saya gunakan karena Google Chrome mampu memuat halaman web sampai habis, jadi tampilan web yang tampil melalui browser ini adalah tampilan web yang sesungguhnya tanpa di kompres, karena alasan itu saya lebih menyukai Google Chrome.

Nah, Google Chrome merupakan aplikasi bawaan android, makanya tidak heran jika kita lihat pengguna aplikasi ini sangat banyak, bisa dibilang Google Chrome merupakan browser android yang paling populer.

Google Chrome memiliki semua fitur yang dimiliki browser oleh browser pada umumnya. Selain itu, Google Chrome juga memiliki fitur Terjemahan, Handsfree, Safe Browsing dan lain-lain.

Google Chrome memiliki tampilan yang sangat bagus dan rapi, kecepatannya pun luar biasa. Namun, aplikasi ini sedikit boros penggunaan baterai.

2. Firefox

Mozilla Firefox juga termasuk dalam kategori browser yang saya sukai, karena browser ini tidak jauh berbeda dengan Google Chrome. Mulai dari fitur-fiturnya hingga tampilan browser-nya.

Mozilla Firefox juga termasuk dalam kategori browser tercepat dan teringan di android. Selain itu, browser ini juga sangat aman karena Firefox secara otomatis memblokir lebih dari 2.000 pelacak online yang melanggar privasi kita pengguna.

3. UC Browser

Selain memiliki tampilan yang menarik, UC Browser juga mempunyai banyak sekali fitur yang bermanfaat, bahkan fitur-fitur itu jarang dimiliki browser lain. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • ADBlock – Memblokir iklan-iklan mengganggu di situs web.
  • Mode Facebook – Mempercepat loading ketika mengakses Facebook.
  • Unduhan Pintar – Mempercepat dan menstabilkan proses download file.
  • Mode Cepat – Membuat loading situs web yang di akses menjadi lebih cepat dan lebih hemat penggunaan kuota.
  • Mode Malam – Mengurangi kontras cahaya sehingga mata sobat tidak akan kelelahan walaupun menggunakan smartphone di malam hari.
  • Dan lain-lain.

Namun, salah satu kekurangan UC Browser yang benar-benar mengganggu adalah aplikasi ini menggunakan banyak RAM ketika digunakan, jadi apabila dijalankan maka Android akan terasa lemot dan panas apabila Android berspesifikasi rendah — HP Kentang –. Namun itu bukan sebuah masalah jika Android sobat berspesifikasi tinggi. Selain itu, UC Browser juga terdapat banyak iklan, hal ini juga salah satu penyebab yang membuat browser ini berat.

4. UC Browser Turbo

UC Browser Turbo adalah saudara kandung dari aplikasi yang saya sebutkan di atas makanya fitur dan tampilannya tidak jauh berbeda. Cuman bedanya aplikasi ini dirancang lebih sederhana dan hemat penggunaan kuota supaya UC Browser Turbo lebih cepat dan lebih ringan.

UC Browser Turbo juga memiliki fitur istimewa yang tidak terdapat pada UC Browser biasa, yaitu :

  • Akselerasi Cloud Gratis – Mengakses situs web atau video dengan kecepatan yang lebih cepat.
  • Ruang pribadi – Tempat sobat menyembunyikan file yang sudah sobat unduh lalu mengenkripsinya dengan password.
  • Pemutar video di latar belakang – Misalnya sobat membuka suatu video di sebuah tab, ketika beralih ke tab lain video itu tetap bakal berjalan. Fitur ini cocok untuk sobat pecinta musik.
  • Nonton video offline – Sobat bisa mendownload dulu video yang sobat suka dan dapat menontonnya kembali kapan saja, tanpa harus memiliki jaringan internet.
  • Dan lain-lain.

5. Browser Opera

Sama dengan UC Browser, Browser Opera memiliki banyak fitur, diantaranya adalah fitur blokir iklan, mode malam, mode samaran, pemercepat download dan lain-lain.

Nah, ada satu fitur yang sangat menarik di Browser Opera, yaitu fitur VPN. Fitur ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis dan tidak terbatas (Unlimited). Dengan menggunakan fitur ini, sobat bisa berselancar lebih aman karena nanti alamat IP sobat bakal diganti dengan IP Virtual.

6. Mint Browser

Selain cepat dan aman, aplikasi yang dikembangkan oleh Xiaomi ini mampu menampilkan tombol download ketika mendeteksi adanya video yang dapat di unduh. Mint Browser juga memiliki fitur Adblock, mode penyamaran, mode malam dan penghemat kuota seperti browser-browser di atas.

7. Brave Browser

Brave Browser memiliki fitur AdBlocker bawaan yang sangat ampuh dalam memblokir iklan, terutama iklan Pop-Up. AdBlocker-nya pun juga mampu melindungi kita dari iklan yang melacak saat browsing, sehingga privasi kita lebih terjaga.

Brave Browser bisa dikatakan termasuk dalam salah satu browser paling aman karena Brave Browser memiliki fitur banyak fitur keamanan seperti HTTPS Everywhere (mengenkripsi data sobat pada website yang tidak memiliki SSL), pemblokir script serta cookie pihak ke tiga dan lain-lain.

8. Firefox Mini

Firefox Mini merupakan aplikasi versi kecil dari browser Firefox (nomor 2). Aplikasi mini seperti ini memang di desain lebih ringan jadi sangat cocok dipasang pada Android berspesifikasi rendah karena tidak menggunakan banyak RAM. Biasanya aplikasi seperti ini mengalami sedikit pengurangan fitur, jadi jangan kaget jika fitur dari browser Firefox Mini sedikit berbeda dengan induknya.

9. UC Browser Mini

Sama seperti aplikasi di atas, UC Browser mini merupakan aplikasi versi kecil dari aplikasi lain, induknya adalah UC Browser. Biasanya aplikasi ini disebut juga dengan UC Mini.

10. Opera Mini

Opera Mini mungkin legenda bagi sebagian orang termasuk saya sendiri, karena browser ini sudah ada dan sangat populer sejak zamannya hp java, bahkan penggunanya pun masih ada di era Android ini. Aplikasi ini cukup ringan dan praktis, tidak heran jika penggunaan Ram-nya minim.

Itulah browser terbaik, tercepat dan teringan di android, semoga artikel ini menjadi referensi yang bermanfaat untuk sobat sebelum memilih browser yang bakal sobat digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *