Cara Menambah RAM Android Dalam 3 Tahap (Root)

Cara Menambah RAM Android Dalam 3 Tahap (Root)

Cara Menambah RAM Android Dalam 3 Tahap (Root) - Pengalaman pribadi saya saat menggunakan hp android dengan RAM yang ukuranya 512 MB saja sangat menyebalkan, bagaimana tidak menyebalkan, mau buka satu aplikasi saja butuh waktu sangat lama.

Saat kita menggunakan android yang lemot, rasanya pengen kita banting saja itu hp. Jika android ukuran RAM-nya adalah 512 MB, saya sarankan sobat agar tidak melakukan multitasking, karena jika sobat melakukan multitasking pasti android sobat lemot dan panas.

Makanya sobat harus teliti saat membeli android, jangan sampai sobat membeli android yang spesifikasinya pas-pasan. Sebaiknya sobat membeli android yang memiliki spesifikasi yang mumpuni agar hp android tidak lemot dan panas dan sobat merasa puas saat sobat menggunakan hp nanti.

RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory. Ram berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Jika kita menjalankan banyak aplikasi padahal ukuran Ram android kita kecil, maka Ram akan penuh dan saat itu lah performa hp android lemot dan panas.

Namun jika Ram sudah penuh, apakah kita akan tetap betah bermain dengan android kita? Jawabannya sudah pasti tidak, maka satu-satunya cara agar performa android kembali menjadi maksimal adalah dengan cara melegakan Ram android kita.

Sebenarnya ukuran RAM yang baik untuk android minimal 2 GB, karena jika sobat menggunakan android dengan RAM 2 GB maka sobat dapat menginstal banyak aplikasi yang membutuhkan banyak RAM di android sobat.

Biasanya android yang memiliki RAM 512 MB atau 1 GB sering mengalami lag, makanya sobat harus membaca dulu spesifikasi hp yang ingin sobat beli dan memikirkan matang-matang agar nanti tidak menyesal di kemudian hari.

Pada saat saya pertama kali membeli hp android, saat itu saya belum terlalu mengerti tentang RAM, Chipset, Prosesor, CPU dan lain sebagainya, makanya saya membeli android asal-asal saja, tapi saat digunakan dalam beberapa hari android saya semakin hari semakin lemot saja.

Tetapi sejak saya mengotak-atik sedikit android saya, kinerja hp android saya semakin baik dan alhamdulillah performa android saya seperti android RAM 2 GB saja, hehe. Jika sobat ingin tau cara agar android sobat tidak lemot lagi, silahkan baca tutorial di bawah ini.

Cara Mengatasi Android Lemot Karena RAM Kecil

Artikel ini terdiri dari beberapa tahap, sobat harus membaca setiap tahap pada artikel sampai habis ini, dan tahap yang paling penting adalah tahap ketiga, jangan ada yang tinggal ya.

#1 Tahap Pertama

Sebelumnya saya pernah mempublikasikan artikel yang berjudul 10+ Cara Mengatasi HP Android Lemot dan Panas Sendiri, silahkan baca artikel itu dulu dan terapkan tips-tips yang ada di situ pada android sobat. Jika tahap ini sudah selesai, lanjut ke tahap kedua.

#2 Tahap Kedua

  1. Gunakan Junk Cleaner (Rekomendasi: Clean Master Lite) agar sobat dapat membersihkan sampah-sampah atau cache yang menumpuk pada android sobat. Cache juga salah satu hal yang dapat membuat android berat.
  2. Jangan gunakan aplikasi yang membutuhkan banyak RAM, seperti UC Browser, Facebook for Android, Messenger, Paralel Space dan lain sebagainya. Kecuali jika sobat memang sangat membutuhkan aplikasi itu, baru sobat bisa menggunakannya, tapi jangan terlalu banyak juga ya.
  3. Gunakan browser yang super cepat dan super ringan, untuk mengetahui mana browser yang super cepat dan super ringan, silahkan baca artikel 15 Browser Terbaik Android Super Cepat Dan Super Ringan.
Tahap kedua sudah selesai, sekarang kita lanjut ke tahap terakhir, yaitu tahap yang paling penting.

#3 Tahap Ketiga (Tahap Terakhir)

Tahap ini membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Greenify dan Xposed Installer. Satu lagi, gadget sobat harus sudah di Root. Untuk cara root gadget sobat, sobat dapat mencari tutorial root di google. Aplikasi Greenify dan Xposed Installer dapat sobat download melalui link di bawah ini.

Download Greenify Pro v3.0 Build 5

Download Xposed Installer v2.7.1

Aplikasi Xposed Installer yang sobat download melalui link di atas hanya untuk android 4.0.3 sampai android 4.4 saja, untuk android di atasnya, cara menginstal Xposed Installer tidak seperti menginstal aplikasi biasa, tutorialnya bisa sobat cari di Google.

Aplikasi Greenify yang saya bagikan di atas adalah aplikasi mod, yang berarti aplikasi di atas adalah aplikasi yang sudah dimodifikasi agar terdapat fitur premium, jika sobat mendownload Greenify si Google Play Store maka tidak akan terdapat fitur premium pada aplikasi itu.

Setelah sobat mendownload aplikasi di atas, silahkan sobat langsung memasangnya. Setelah itu Instal Xposed Installer, tutorialnya adalah sebagai berikut.
  1. Buka Xposed Installer, dan jangan lupa untuk memberikan akses Root.
  2. Lalu klik Framework.
  3. Setelah itu klik Install/Update.
  4. Tunggu hingga proses instalnya selesai dan klik OK.
  5. Kemudian gadget kamu akan di Restart secara otomatis.
  6. Setelah Restart selesai, buka kembali Xposed Installer, lalu klik pada Modules, kemudian centang pada Greenify.
  7. Selesai.
Proses menginstal Xposed Installer sudah selesai, selanjutnya adalah tahap terakhir.
  1. Buka Greenify yang sudah sobat instal tadi dan jangan lupa untuk memberikan akses Root.
  2. Lalu klik pada titik tiga yang ada di sudut kanan atas, lalu pilih pengaturan.
  3. Centang pada semua Otomatis Hibernasi dan Quick Action Notification.
  4. Aktifkan Wake-Up Tracking and Cut-Off.
  5. Setelah itu buka Xposed-based Features pada menu pengaturan dan centang semuanya pada menu yang ada di sana.
  6. Setelah itu buka Troubleshooting pada menu pengaturan juga.
  7. Aktifkan Auto-hibernation, lalu buka Apps are not auto-hibernation dan aktifkan semua fitur pada Apps are not auto-hibernation.
  8. Kemudian kembali pada beranda aplikasi dan klik pada ikon berbentuk plus.
  9. Klik pada titik tiga dan aktifkan Tamilkan Semua.
  10. Kemudian tambahkan aplikasi yang ingin sobat hibernasi.
  11. Untuk menghibernasi, sobat tinggal menekan tombol yang ada di sudut bawah aplikasi.
Hati-hati dalam menambah aplikasi bawaan ke dalam daftar hibernasi.
Jangan lupa aktifkan Aksesibilitas aplikasi Greenify dengan cara masuk ke Setelan > Lainnya > Aksesibilitas > Pilih aplikasi Greenify lalu aktifkan. Satu lagi, aktifkan administrator perangkat dengan masuk ke Setelan > Pengaturan Keamanan > Administrator Perangkat > Pilih Greenify lalu aktifkan.

Jika sobat telah mengaktifkan Aksesibilitas Greenify dan telah mengaktifkan Administrator Perangkat pada aplikasi Greenify, maka Greenify akan menghibernasikan setiap aplikasi yang sobat masukkan ke dalam daftar hibernasi secara otomatis setiap layar di matikan.

Selesai sudah. Itulah cara mengatasi hp android yang lemot dan panas. Demikian artikel yang berjudul Cara Menambah RAM Android Dalam 3 Tahap (Root), semoga bermanfaat.

Langganan Artikel Via Email