10+ Cara Mengatasi HP Android Lemot dan Panas Sendiri

10+ Tips Agar Hp Android Tidak Lemot
Sumber: bosandroid.net
10+ Cara Mengatasi HP Android Lemot dan Panas Sendiri - Lemot adalah hantu yang paling menakutkan bagi pengguna Android, karena jika android lemot maka akan sulit digunakan. Untuk itu saya membuat artikel cara mengatasi HP android panas dan lemot agar para pembaca semua dapat mengusir hantu itu jauh-jauh dari android sobat.

Sebelum membahas tentang cara mengatasi lemot dan panas pada android, saya akan menjelaskan sedikit tentang lemot. Lemot adalah keadaan sebuah android yang tidak merespon atau telat merespon suatu perintah kepada android tersebut.

Misalnya kita buka aplikasi Facebook, tapi aplikasi tersebut tidak langsung terbuka, kita harus menunggu dulu beberapa saat baru terbuka aplikasinya. Hal ini sering terjadi pada android berspesifikasi rendah seperti Oppo Joy, Advan S50H, Xiaomi Redmi 2 dan lain sebagainya.

Penyebab hp android panas, boros baterai dan lemot bisa saja karena memainkan game berukuran besar tapi ukuran Ram android pas-pasan, atau karena Multitasking yang berlebihan, android memiliki ukuran Ram yang kecil ataupun karena penyebab-penyebab lainnya.

Untuk Android yang memiliki spesifikasi yang mumpuni, sangat jarang terjadi lag. Lag sering terjadi pada Andoid jenis Low End, yaitu Gadget yang memiliki spesifikasi pas-pasan. Jika sobat ingin tau bagaimana cara mengatasi android lemot dan panas, silahkan baca panduan di bawah.

10+ Cara Mengatasi HP Lemot dan Panas Tanpa Ribet

1. Jangan Gunakan Widget Yang Berlebihan

Banyak orang yang menggunakan banyak widget pada Homescreen android mereka dengan alasan dapat mengakses ke aplikasi favorit mereka dengan mudah, padahal widget yang berlebihan dapat membuat Android sobat menjadi lemot, copot segera ya.

2. Pasang Aplikasi Yang Penting Saja

Terlalu banyak aplikasi juga dapat membuat Android menjadi lemot, apalagi Aplikasi yang kalian instal adalah Aplikasi yang memakai banyak Ram. Untuk itu, kalian disarankan untuk tidak memasang aplikasi secara berlebihan agar android kalian lebih ringan.

3. Bersihkan Chache Pada Android Kalian

Android tidak seperti iPhone. Semua aplikasi Android menggunakan javascript yang dapat membentuk cache saat menggunakannya, tumpukan cache itulah yang membuat Android menjadi lag. Jadi bersihkanlah cache pada Android sobat secara rutin menggunakan Junk Cleaner agar android lebih ringan.

4. Gunakan Pembersih Junk Yang Ringan

Di Play Store banyak sekali bertebaran aplikasi pembersih junk, tapi apakah sobat tau kalau banyak aplikasi pembersih Junk memakai banyak Ram. Namun ada juga aplikasi pembersih Junk yang ringan, seperti Clean Master Lite, CCleaner dan lain sebagainya. Aplikasi tersebut tidak banyak menggunakan Ram tapi cukup handal dalam membersihkan sampah android.

5. Jangan Gunakan Launcher

Launcher memang dapat membuat tampilan android lebih menarik, karena launcher menawarkan banyak tema untuk mempercantik tampilan android. Namun, launcher memakai Ram yang cukup besar sehingga dapat membuat hp android panas dan lag.

6. Jangan Melakukan Multitasking

Multitasking adalah menjalankan aplikasi secara bersamaan, jadi semakin banyak aplikasi yang anda jalankan, semakin banyak pula pemakaian Ram, sehingga membuat performa hp Android lemot. Lebih baik kalian menghindari Multitasking, agar performa android menjadi lebih ringan.

7. Jangan Memakai Live Walpaper

Live Walpaper adalah Walpaper hidup atau Walpaper yang gambarnya bergerak-gerak. Walpaper seperti ini dapat membuat hp Android cepat lemot dan panas sehingga batre cepat habis. Sangat disarankan kepada sobat agar menggunakan Walpaper biasa, kalau bisa yang gambarnya agak gelap karena menggunakan Walpaper gelap lebih hemat baterai.

8. Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Menutup Aplikasi Android yang tidak terpakai sangat ampuh dalam mengatasi hp android lemot atau lag, karena aplikasi yang sudah ditutup tidak akan beroperasi lagi. Menutup aplikasi tidak terpakai merupakan salah satu cara melegakan ram android terbaik. Ibaratnya kita sedang melakukan dua kegiatan, jika kita menghilangkan salah satunya maka tubuh kita tidak akan selelah saat melakukan dua kegiatan.

9. Jangan Gunakan Auto Brightness Dan Auto Rotate

Auto Brightness Dan Auto Rotate berkerja secara otomatis tanpa perintah, sehingga fitur ini dapat membuat Android cepat lemot dan panas sendiri, baterai android pun menjadi boros. Sangat disarankan agar kita mengatur kecerahan layar secara manual.

10. Selalu Lakukan Pembahruan Sistem

Setiap kali menerima pembahruan sistem, banyak orang yang mengabaikannya. Padahal pembahruan sistem adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan performa Android, karena setelah diperbahrui bug-bug pada android akan hilang. Saya dulu juga sering begitu, saat notifikasi pembahruan sistem muncul langsung saya hapus notifikasinya.

11. Hapus Aplikasi Bawaan Yang Tidak Terpakai

Saat pertama kali membeli Android, pasti Android tersebut penuh dengan aplikasi bawaan yang tidak akan pernah kita pakai. Bukan hanya itu, aplikasi tersebut juga memakan banyak Ram sehingga membuat performa hp android menjadi lemot. Maka dari itu, hapuslah aplikasi bawaan yang kira-kira tidak penting dan tidak sobat pakai.
Note: Untuk menghapus aplikasi bawaan, android harus dalam keadaan sudah di Root.

12. Rutin Melakukan Factory Reset

Factory Reset ataupun mengembalikan Android ke setelan pabrik, ini adalah hal yang paling berpengaruh dalam mengatasi hp android lemot. Lakukan Factory Reset secara rutin, saya sarankan sobat melakukan Factory Reset sebulan sekali agar performa android tetap oke dan tidak lag.

13. Nonaktifkan Animasi Pada Android

Animasi andalah efek yang bergerak-gerak jika kita melakukan sesuatu pada android, tidak heran jika kita mengaktifkan animasi maka baterai hp android menjadi boros atau cepat habis. Menonaktifkan animasi dapat meningkatkan performa Gdaget Android hingga 50%, kalau tidak percaya silahkan mencobanya.
Masih Lemot Juga?
Jika masih lemot juga, coba pakai cara yang ada pada artikel Cara Mengatasi Android Lemot Karena RAM Kecil Dalam 3 Tahap (100% Work), dijamin android sobat tidak akan lemot lagi.

Itulah tips-tips untuk meningkatkan performa Android yang lemot  dan panas tanpa ribet, mudah-mudahan membatu sobat dalam mengatasi masalah pada android. Demikian artikel 10+ Cara Mengatasi HP Android Lemot dan Panas Sendiri, semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Langganan Artikel Via Email